Minggu, 23 Oktober 2022

 BEDAH BUKU MUASSIS PONPES RAKHA


MAS NIPI RAKHA - Dalam rangka peringatan dan perayaan Hari Santri Nasional sekaligus perayaan 1 abad Ponpes Rakha, MA NIPI mengadakan acara bedah buku Muassis Ponpes (KH. Abdul Rasyid) dan Gebyar Maulid 1444 Hijriyah.
Kitab karangan Muassis yang berjudul "Risalah fi An-Niyyah" dibedah oleh Kamad MA NIPI langsung yaitu mualim H. Ahmad Subehan, Lc.,S.Pd.I bersama mualim Akhmad Rusydi, Lc.,M.A. Hadir pula di dalam acara Ketua STAI Rakha Amuntai KH. Dr. Rif`an Syafruddin, Lc,.M.Ag yang juga merupakan cucu dari Muassis Ponpes Rakha itu sendiri. Dengan moderator Zahida Paridhati, S.Pd yang merupakan salah satu tenaga pendidik di MA NIPI Rakha.
Acara yang dihadiri oleh seluruh dewan guru dan santriwati MA NIPI Rakha diadakan di halaman parkir MA NIPI.
Kitab "Risalah fi An-Niyah" dibuka dengan kata sambutan yang ditulis oleh cucu Muassis sendiri, kemudian dilanjutkan dengan biografi singkat KH. Abdul Rasyid dari sejak beliau dilahirkan sampai perjalanan beliau menuntut ilmu sampai ke negara Mesir. Yang setelah kepulangan beliau dari menuntut ilmu di Mesir, beliau mulai mendirikan Arabic School di Amuntai. Yang di kemudian hari dikenal dengan sebutan Normal Islam.
Isi buku dikupas secara garis besar oleh kedua narasumber dengan gamblang, diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan dari santriwati. Di akhir sesi acara santriwati juga mendapat giliran latihan membaca kitab arab melayu karangan Muassis tersebut. (Humas MA NIPI)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar